WELCOME, SEMOGA BERMANFAAT, BAGI REKAN-REKAN YANG BERKENAN SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR.

Jumat, 15 November 2013

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN



TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Tentang
Perbandingan informasi dan pengelolaan SIM pada organisasi swasta dengan publik beserta kendalanya dan keunggulannya



Oleh:

Atil Kurnia Sari
1106437 / 2011


PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA
JURUSAN ILMU SOSIAL POLITIK
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2013


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis haturkan kehadirat Allah SWT, dengan rahmat karuniaNya  penulis mampu menyelesaikan makalah dengan judul Perbandingan informasi dan pengelolaan SIM pada organisasi swasta dengan publik beserta kendalanya dan keunggulannya ”. Tujuan penulisan makalah ini untuk memenuhi tugas perkuliahan Sistem Informasi Manajemen.
Ucapan terima kasih penulis untuk orang tua, yang selalu memberi dukungan dan do’a demi kelancaran penulis dalam menjalani pendidikan ini. Selanjutnya Bapak Dosen Mata kuliah yang telah memberikan bimbingannya dalam perkuliahan ini sehingga penulis bisa menyelesaikan penulisan makalah ini.
Penulis menyadari terdapat kekurangan pada penulisan makalah ini. Oleh karena itu diharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan.





Padang, 16 November 2013

Penulis



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi saat ini, berbagai kegiatan dalam kehidupan sehari-hari akan berbasis komputer. Maka dalam suatu instansi, komputer merupakan sarana dalam menciptakan dan mengembangkan suatu sistem informasi handal. Oleh karena itu setiap orang harus mampu mengikuti arus informasi yang berkembang di dunia teknologi ini. Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu. Informasi yang berkualitas ini akan memudahkan user dalam mengambil keputusan secara tepat, cepat, dan bernilai strategis
B.     Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah :
1.      Menjelaskan SIM pada organisasi publik !
2.      Menjelaskan SIM pada organisasi privat !
3.      Menjelaskan Perbandingan informasi dan pengelolaan SIM pada organisasi publik dan organisasi privat !
C.    Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk memgetahui bagaimana perbandingan antara organisasi publik dan organisasi privat pada sistem informasi manajemen.



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Perbedaan  Organisasi  Publik  Dan  Organisasi  Privat Secara Umum
Sebelum  kita  mengulas  perbedaan  organisasi  publik  dan  organisasi  privat ditinjau  dari  pendekatan  sistem  informasi,  ada  baiknya  kita  melihat  perbedaan organisasi  publik  dan  organisasi  privat  secara  umum  terlebih  dahulu.  Berikut adalah perbedaan organisasi publik dan organisasi privat secara umum.
1.      Organisasi Publik

a.       Pengertian
Istilah publik berasal dari bahasa Latin “of  people” (yang berkenaan  dengan   masyarakat).    Sasaran   organisasi   publik   ditujukan   kepada masyarakat   umum.   Organisasi   publik   adalah   tipe   organisasi   yang bertujuan menghasilkan pelayanan kepada masyarakat, tanpa membedakan status dan kedudukannya.
b.      Lingkungan Organisasi
Lingkungan dalam organisasi publik :
·         Lingkungan  otorisasi,  artinya  untuk  melakukan  sesuatu,  organisasi publik terlebih dahulu harus mendapat izin atau legalitas. 
·         Sumber   pendanaan   dan   wewenang   diperoleh   melalui   lingkungan otorisasi  tersebut.  Misal,  dalam  pengajuan  anggaran  kepada  DPR, untuk mendapat pengabsahan atas suatu rencana kegiatan pemerintah. Ini   merupakan   dasar   bagi   organisasi   publik   untuk   membangun kapasitas organisasi dan kemampuan operasionalnya.
·         Proses  penciptaan  nilai  dalam  organisasi  publik,  bukan  didasarkan pada  hukum  penawaran  dan  permintaan  pasar,  melainkan  melalui proses birokratis, yaitu izin dari lingkungan otorisasi

2.      Organisasi Privat

a.       Pengertian
Istilah  privat  berasal  dari  bahasa  Latin  “set  apart”  (yang  terpisah). Sasaran  organisasi  publik  ditujukan   pada  hal    hal  yang  „terpisah‟  dari masyarakat secara umum.Organisasi privat atau bisnis adalah organisasi yang ditujukan  untuk  menyediakan  barang  dan  jasa  kepada  konsumen,  yang dibedakan  dari  kemampuanya  membayar  barang  dan  jasa  tersebut  sesuai dengan hukum pasar.
b.      Lingkungan Organisasi
Lingkungan dalam organisasi privat:
·         Lingkungan   otorisasi,   misal   dewan   komisaris   atau   rapat   umum pemegang  saham  yang  menentukan  pendanaan  dan  batas    batas wewenang  perusahaan.  Akan  tetapi,  tentu  saja  lingkungan  otorisasi pada organisasi privat tidak sekompleks organisasi publik.
·         Proses penciptaan nilai dalam organisasi privat, menitikberatkan proses pengambilan keputusan pada naik-turunya permintaan pasar, sehingga pengambilan keputusan biasanya berlangsung lebih cepat. 
Tabel perbandingan organisasi publik dan privat secara umum:
NO

Organisasi Publik
Organisasi Privat
1

Tujuan
Laba
Non-Laba
2

Produk yang
dihasilkan
Publics goods
Privat goods
3
Cara pengambilan
keputusan
Demokratis
Strategis bisnis
4

Ukuran kinerja
Social welfare
Efisiensi
5
Misi organisasi

“melakukan
kebaikan”
“untung rugi”

B.     Perbedaan    Sistem    Informasi    Antara    Organisasi    Publik    dan  Organisasi privat
Perbedaan   Organisasi   Publik   dan   Organisasi   bisnis   ditinjau   dari  pendekatan   sistem   infornasi   terletak   pada   tujuan   dan   departemen/fungsi-fungsinya. Berikut perbedaan organisasi Publik dan Organisasi Bisnis ditinjau dari pendekatan sistem informasi.
a)      Organisasi Bisnis

1.      Tujuan yang dilayani adalah pelanggan
2.      Memiliki fungsi / departemen Bisnis
Seperti : Departemen Produksi, Departemen Pemasaran, dll
b)      Organisasi Publik

1.      Tujuan yang dilayani adalah citizen
2.      Memiliki fungsi / departemen Publik
Seperti : 
o   Bagian Kependudukan (SIMDUK), 
o   Bagian Keuangan Negara (SIAPUDA), 
o   Bagian Sistem Informasi Pusat Pelayanan Publik
o   Bagian Sistem Informasi Kepegawaian
C.    Tujuan Penggunaan SIM

a)      Di organisasi Publik
1.      meningkatkan transparansi, akuntabilitas dalam penyelenggaraan tugas organisasi.
2.      meningkatkan kualitas pelayaanan publik

b)      Di organisasi Privat
1.      menyediakan informasi yang dapat digunakan dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
2.      menyediakan informasi yang dapat digunakan dalam perencanaan, pengendalalian, pengevaluasian dan perbaikan secara berkelanjutan.
3.      menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya.
D.    Manfaat Penggunaan SIM

a)      Di organisasi publik
1.      meningkatkan aksesibilitas data yang tersasji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya perantara sistem informasi.
2.      menjamin tersedianya kulaitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistim informasi secara kritis.
3.      mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
4.      mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
5.      menetapkan investasi yang diarahkan pada sistem informasi.
6.      mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistim informasi dan teknologi baru
7.      memperbaiki produktivtas dan aplikasi pengembangan serta pemeliharaan sistem.
8.      organisasi menggunakan sistim informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.

b)      Di organisasi Privat
1.      meningkatkan efisiensi operasional
2.      memperkenalkan inovasi dalam bisnis
3.      membangun sumber-sumber informasi strategis

E.     Perbedaan SIM dalam organisasi publik dan PRIVAT:

1.      Akuntabilitas SIM dibutuhkan jauh lebih besar di organisasi publik karena sifat pada lingkungan terdekat.
2.      SIM pada organisasi public memerlukan beberapa ukuran kinerja yang unik
3.      Manajer pada organisasi public lebih cenderung bertanggung jawab kepada individu dan kelompok di luar organisasi
4.      evaluasi eksternal SIM pada swasta sangat langka
5.      Organisasi swasta memantau biaya (input) dan kualitas produk atau jasa (output) dan mengukur kinerja dalam hal biaya dikurangi peningkatan kualitas
6.      manajemen pada organisasi public meningkatkan pelayanan mereka, melakukan dengan pengawasan yang lebih baik dari aliran manfaat (output) daripada melalui pengendalian biaya.






BAB III
PENUTUP
·         Kesimpulan
Perbandingan informasi dan pengelolaan SIM pada organisasi swasta dengan publik
Pada organisasi publik:
ž  Akuntabilitas SIM dibutuhkan jauh lebih besar di organisasi publik karena sifat pada lingkungan terdekat.
ž  SIM pada organisasi public memerlukan beberapa ukuran kinerja yang unik
ž  Manajer pada organisasi public lebih cenderung bertanggung jawab kepada individu dan kelompok di luar organisasi
ž  manajemen pada organisasi public meningkatkan pelayanan mereka, melakukan dengan pengawasan yang lebih baik dari aliran manfaat (output) daripada melalui pengendalian biaya
Pada organisasi privat:
ž  evaluasi eksternal SIM pada swasta sangat langka
ž  Organisasi swasta memantau biaya (input) dan kualitas produk atau jasa (output) dan mengukur kinerja dalam hal biaya dikurangi peningkatan kualitas.







DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar