TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Tentang
Perbandingan informasi dan
pengelolaan SIM pada organisasi swasta dengan publik beserta kendalanya dan
keunggulannya
Oleh:
Atil
Kurnia Sari
1106437
/
2011
PROGRAM
STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA
JURUSAN
ILMU SOSIAL POLITIK
FAKULTAS
ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2013
Puji
syukur penulis haturkan kehadirat Allah SWT, dengan rahmat karuniaNya penulis mampu menyelesaikan makalah dengan
judul “Perbandingan
informasi dan pengelolaan SIM pada organisasi swasta dengan publik beserta
kendalanya dan keunggulannya ”.
Tujuan penulisan makalah ini untuk memenuhi tugas perkuliahan
Sistem Informasi Manajemen.
Ucapan
terima kasih penulis untuk orang tua, yang selalu memberi dukungan dan do’a
demi kelancaran penulis dalam menjalani pendidikan ini. Selanjutnya Bapak Dosen
Mata kuliah yang telah memberikan bimbingannya dalam perkuliahan ini sehingga
penulis bisa menyelesaikan penulisan makalah ini.
Penulis
menyadari terdapat kekurangan pada penulisan makalah ini. Oleh karena itu
diharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan.
Padang, 16 November 2013
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dengan
semakin berkembangnya teknologi informasi saat ini, berbagai kegiatan dalam
kehidupan sehari-hari akan berbasis komputer. Maka dalam suatu instansi,
komputer merupakan sarana dalam menciptakan dan mengembangkan suatu sistem
informasi handal. Oleh karena itu setiap orang harus mampu mengikuti arus
informasi yang berkembang di dunia teknologi ini. Teknologi Informasi adalah
suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses,
mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam menghasilkan
informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat
waktu. Informasi yang berkualitas ini akan memudahkan user dalam mengambil
keputusan secara tepat, cepat, dan bernilai strategis
B.
Rumusan
Masalah
Adapun rumusan masalah
dalam makalah ini adalah :
1. Menjelaskan
SIM pada organisasi publik !
2. Menjelaskan SIM pada organisasi privat !
3. Menjelaskan Perbandingan informasi dan pengelolaan
SIM pada organisasi publik dan organisasi privat !
C.
Tujuan
Tujuan
yang ingin dicapai yaitu untuk memgetahui bagaimana perbandingan antara
organisasi publik dan organisasi privat pada sistem informasi manajemen.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Perbedaan Organisasi
Publik Dan Organisasi
Privat Secara Umum
Sebelum kita
mengulas perbedaan organisasi
publik dan organisasi
privat ditinjau dari pendekatan
sistem informasi, ada
baiknya kita melihat
perbedaan organisasi publik dan
organisasi privat secara
umum terlebih dahulu.
Berikut adalah perbedaan organisasi publik dan organisasi privat secara
umum.
1.
Organisasi
Publik
a. Pengertian
Istilah
publik berasal dari bahasa Latin “of
people” (yang berkenaan
dengan masyarakat). Sasaran
organisasi publik ditujukan
kepada masyarakat umum. Organisasi
publik adalah tipe
organisasi yang bertujuan
menghasilkan pelayanan kepada masyarakat, tanpa membedakan status dan
kedudukannya.
b. Lingkungan
Organisasi
Lingkungan
dalam organisasi publik :
·
Lingkungan otorisasi,
artinya untuk melakukan
sesuatu, organisasi publik
terlebih dahulu harus mendapat izin atau legalitas.
·
Sumber
pendanaan dan wewenang
diperoleh melalui lingkungan otorisasi tersebut.
Misal, dalam pengajuan
anggaran kepada DPR, untuk mendapat pengabsahan atas suatu
rencana kegiatan pemerintah. Ini merupakan dasar
bagi organisasi publik
untuk membangun kapasitas
organisasi dan kemampuan operasionalnya.
·
Proses
penciptaan nilai dalam
organisasi publik, bukan
didasarkan pada hukum penawaran
dan permintaan pasar,
melainkan melalui proses
birokratis, yaitu izin dari lingkungan otorisasi
2.
Organisasi
Privat
a. Pengertian
Istilah privat
berasal dari bahasa
Latin “set apart”
(yang terpisah). Sasaran organisasi
publik ditujukan pada
hal – hal
yang „terpisah‟ dari masyarakat secara umum.Organisasi privat
atau bisnis adalah organisasi yang ditujukan
untuk menyediakan barang
dan jasa kepada
konsumen, yang dibedakan dari
kemampuanya membayar barang
dan jasa tersebut
sesuai dengan hukum pasar.
b. Lingkungan
Organisasi
Lingkungan
dalam organisasi privat:
·
Lingkungan otorisasi,
misal dewan komisaris
atau rapat umum pemegang saham
yang menentukan pendanaan
dan batas –
batas wewenang perusahaan. Akan
tetapi, tentu saja
lingkungan otorisasi pada
organisasi privat tidak sekompleks organisasi publik.
·
Proses penciptaan nilai dalam organisasi
privat, menitikberatkan proses pengambilan keputusan pada naik-turunya
permintaan pasar, sehingga pengambilan keputusan biasanya berlangsung lebih
cepat.
Tabel
perbandingan organisasi publik dan privat secara umum:
NO
|
Organisasi Publik
|
Organisasi Privat
|
|
1
|
Tujuan
|
Laba
|
Non-Laba
|
2
|
Produk yang
dihasilkan
|
Publics goods
|
Privat goods
|
3
|
Cara pengambilan
keputusan
|
Demokratis
|
Strategis bisnis
|
4
|
Ukuran kinerja
|
Social welfare
|
Efisiensi
|
5
|
Misi organisasi
|
“melakukan
kebaikan”
|
“untung rugi”
|
B.
Perbedaan Sistem
Informasi Antara Organisasi Publik
dan Organisasi privat
Perbedaan Organisasi
Publik dan Organisasi
bisnis ditinjau dari pendekatan sistem
infornasi terletak pada
tujuan dan departemen/fungsi-fungsinya. Berikut
perbedaan organisasi Publik dan Organisasi Bisnis ditinjau dari pendekatan
sistem informasi.
a) Organisasi
Bisnis
1. Tujuan
yang dilayani adalah pelanggan
2. Memiliki
fungsi / departemen Bisnis
Seperti
: Departemen Produksi, Departemen Pemasaran, dll
b) Organisasi
Publik
1. Tujuan
yang dilayani adalah citizen
2. Memiliki
fungsi / departemen Publik
Seperti
:
o Bagian Kependudukan (SIMDUK),
o Bagian Keuangan Negara (SIAPUDA),
o Bagian Sistem Informasi Pusat Pelayanan
Publik
o Bagian Sistem Informasi Kepegawaian
C.
Tujuan
Penggunaan SIM
a) Di
organisasi Publik
1. meningkatkan
transparansi, akuntabilitas dalam penyelenggaraan tugas organisasi.
2. meningkatkan
kualitas pelayaanan publik
b) Di
organisasi Privat
1. menyediakan
informasi yang dapat digunakan dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan
tujuan lain yang diinginkan manajemen.
2. menyediakan
informasi yang dapat digunakan dalam perencanaan, pengendalalian,
pengevaluasian dan perbaikan secara berkelanjutan.
3. menyediakan
informasi untuk pengambilan keputusan.
Ketiga
tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki
akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara
menggunakannya.
D.
Manfaat
Penggunaan SIM
a) Di
organisasi publik
1. meningkatkan
aksesibilitas data yang tersasji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai,
tanpa mengharuskan adanya perantara sistem informasi.
2. menjamin
tersedianya kulaitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistim informasi
secara kritis.
3. mengembangkan
proses perencanaan yang efektif.
4. mengidentifikasi
kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
5. menetapkan
investasi yang diarahkan pada sistem informasi.
6. mengantisipasi
dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistim informasi dan
teknologi baru
7. memperbaiki
produktivtas dan aplikasi pengembangan serta pemeliharaan sistem.
8. organisasi
menggunakan sistim informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi
biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan
mereka.
b) Di
organisasi Privat
1. meningkatkan
efisiensi operasional
2. memperkenalkan
inovasi dalam bisnis
3. membangun
sumber-sumber informasi strategis
E.
Perbedaan
SIM dalam organisasi publik dan PRIVAT:
1. Akuntabilitas SIM dibutuhkan jauh
lebih besar di organisasi publik karena sifat pada lingkungan terdekat.
2. SIM pada organisasi public
memerlukan beberapa ukuran kinerja yang unik
3. Manajer pada organisasi public lebih
cenderung bertanggung jawab kepada individu dan kelompok di luar organisasi
4. evaluasi eksternal SIM pada swasta
sangat langka
5. Organisasi swasta memantau biaya
(input) dan kualitas produk atau jasa (output) dan mengukur kinerja dalam hal
biaya dikurangi peningkatan kualitas
6. manajemen pada organisasi public
meningkatkan pelayanan mereka, melakukan dengan pengawasan yang lebih baik dari
aliran manfaat (output) daripada melalui pengendalian biaya.
BAB III
PENUTUP
·
Kesimpulan
Perbandingan
informasi dan pengelolaan SIM pada organisasi swasta dengan publik
Pada organisasi publik:
Akuntabilitas
SIM dibutuhkan jauh lebih besar di organisasi publik karena sifat pada
lingkungan terdekat.
SIM
pada organisasi public memerlukan beberapa ukuran kinerja yang unik
Manajer
pada organisasi public lebih cenderung bertanggung jawab kepada individu dan
kelompok di luar organisasi
manajemen
pada organisasi public meningkatkan pelayanan mereka, melakukan dengan
pengawasan yang lebih baik dari aliran manfaat (output) daripada melalui
pengendalian biaya
Pada
organisasi privat:
evaluasi
eksternal SIM pada swasta sangat langka
Organisasi
swasta memantau biaya (input) dan kualitas produk atau jasa (output) dan
mengukur kinerja dalam hal biaya dikurangi peningkatan kualitas.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar